Persiapan instalasi tata cara pemasangan

Dimana Harus di pasang? 
Kayu Flooring Solid UBINKAYU cocok untuk di pasang di semua ruangan rumah kecuali area basement. Kami tidak menganjurkan untuk pemasangan di area basement karena adanya pengaruh kelembaban dari tanah.

Sebelum Pemasangan pastikan beberapa syarat berikut terpenuhi sebelum memulai pemasangan:

  1. Untuk menghindari kerusakan, pasanglah lantai kayu solid pada akhir tahap renovasi/pembangunan rumah Anda. 
  2. Pastikan suhu ruangan di tempat kayu flooring di pasang tetap terjaga di 22-30 C pada saat pemasangan dan selama minimal 1 minggu sebelumnya. 
  3. Plesteran lantai harus rata dengan umur minimal 2 minggu, hasil concrete test tidak boleh lebih dari 4%. Sediakan underlayer untuk kayu flooring yang memiliki MC tidak lebih dari 12% dan perbedaan MC antara underlayer dengan kayu flooring tidak lebih dari 4%. 
  4. Kayu flooring harus di kondisikan di ruangan yang akan di pasang setidaknya 4 hari sebelum proses pemasangan, untuk pengkondisian ini kayu flooring harus dibuka dari kartonnya dan di taruh diatas palet. 
Persyaratan Untuk Underlayer (Ketentuan Underlayer)
  1. Underlayer yang diperlukan untuk proses pemasangan dapat menggunakan multipleks atau papan kalsi. Partikel board dan papan gypsum tidak disarankan sebagai underlayer. 
  2. Ubinkayu merekomendasikan papan kalsi dengan ketebalan 8 milimeter. 
  3. Jika menggunakan underlayer multipleks gunakanlah multipleks dengan ketebalan minimal 12 milimeter. 
Tingkat Kelembaban Underlayer 
  1. Tingkat kelembaban dari underlayer seharusnya berada di kisaran 4-12%, jika kelembaban lebih dari itu, proses pemasangan harus ditunda dan carilah sumber dari kelembaban tersebut.
  2. Bukalah jendela untuk menambah sirkulasi udara, dan jika diperlukan gunakan pemanas atau alat pengatur kelembaban. 
Kondisi underlayer 
  1. Untuk menghindari bunyi berdecit ketika kayu flooring di injak, pastikan underlayer tidak bergerak atau bergeser dan pastikan plesteran semen dalam ruangan tersebut rata. 
  2. Jika plesteran tidak rata, pasanglah foam sebelum underlayer dipasang.